Monday, November 9, 2015

Bunyi Katakana (Seion, Dakuon dan Yoon)

Yuhuu. Setelah belajar hiragana, vocabulary, atau bermain shiritori. Sekarang kita akan belajar tentang katakana. Sama seperti hiragana, katakana juga memiliki 3 bunyi yakni seion, dakuon dan yoon. Mari simak.

  • Huruf Katakana Seion, bunyi huruf katakana dasar terdiri dari "a-ku-wa-ta-ha-n-sa-ma-ra-ya". Istilah sendiri sih, biar gampang inget aja. Huruf Katakana Seion terdiri 46 (empat puluh enam) huruf. Huruf ini dapat dimodifikasi sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda. Bunyi itu yakni bunyi Dakuon dan Yoon. 


  • Huruf Katakana Dakuon, bunyi huruf katakana dasar yang telah ditambahkan tanda tenten [``] (baca:tengteng) dan tanda maru (°). Kedua tanda tersebut biasanya diletakkan di sebelah kanan atas dari masing masing huruf. Untuk lebih mudah mengingat bunyi Dakuon terdiri dari "sa-ha-ta-ka" yang diberi tanda maru dan tenten yang akan berbunyi "ba-pa-di-ga-za" sebenarnya huruf "di" dan "zi" disini berubah menjadi "ji". Supaya lebih mudah mengingat saja. 

  • Huruf Katakana Yoon, bunyi huruf katakana dasar yang telah digabungkan dengan "ya-yu-yo" namun untuk penulisan biasanya huruf ini lebih kecil daripada huruf katakana dasar. 

~Selamat Belajar~


1 comment: